lowongan, Tips Trik

Bikin Draft Ini Setelah Ikuti Interview Kerja

Bikin Draft Ini Setelah Ikuti Interview Kerja

Hal apa yang kamu rasakan ketika selesai mengikuti Interview Kerja? Pada umumnya calon karyawan yang telah mengikuti proses seleksi dan mendapatkan pekerjaan, akan merasa lega. Setelah melewati pertanyaan demi pertanyaan dan akhirnya sesi wawancara kerja berakhir, setidaknya kamu sudah menyelesaikan satu tahapan dalam proses rekrutmen. Terlepas dari hasilnya, atau performamu selama wawancara, pastikan untuk tetap optimistis. Tapi setelah wawancara berlalu, cobalah membuat draft atau checklist untuk evaluasi dan kesuksesan kariermu di masa mendatang. (Baca juga : Hati-Hati Saat Menjawab 4 Pertanyaan Interview Ini!!)

Mencatart Hal Penting

Setelah perutmu sudah tidak kelaparan lagi alias sudah kenyang, coba carilah tempat untuk mengatur ulang emosi dan pikiranmu. Kemudian, mencoba mengingat hal yang penting dalam interview tadi. Dengan begitu untuk menghadapi proses interview selanjutnya kamu sudah mempersiapkan diri berserta jawaban apa yang akan keluar dari mulutmu. Lalu, kamu juga bisa mendiskusikannya dengan senior atau mentor untuk mendapatkan saran yang membangun dalam hal wawancara kerja selanjutnya.

Mencari Jawaban dari Hal Yang Pro dan Kontra

 

Refreshing Sesudah Interview Kerja

Setelah Interview kerja, kamu pasti membutuhkan refreshing kan? Jika iya, kamu memang harus segera melakukan refreshing secepatnya untuk mengembalikan semangat dalam diri dan mengembalikan tenaga dalam diri dengan memakan makanan kesukaan untuk sekedar menyegarkan pikiran yang telah digunakan dalam interview kerja.

Mengirimkan Thank You Note

Selain hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk pengembangan kariermu, ada pula hal yang tak boleh kamu lewatkan dalam membangun personal brandingmu. Yaitu mengirimkan thank you note. Tidak ada salahnya kamu jika setelah interview, kamu mengirimkan sedikit kata terima kasih kepada perwakilan perusahaan dan pewawancara yang baru saja kamu temui. Bisa juga dilakukan pada hari itu atau menunggu sehari atau dua hari setelahnya. Hal ini menunjukan bahwa kamu memiliki tata krama dan personality yang baik.

Melakukan Follow Up

Kemudian, jika sudah beberapa hari atau dalam rentang waktu yang sudah ditentukan namun belum mendapatkan kabar atau hasil dari proses rekrutmen, ada baiknya kamu melakukan follow up. Dalam hal ini, kamu juga akan dinilai sebagai karyawan yang proaktif. Baiknya dalam hal melakukan follow up, ada baiknya dilakukan dengan email. Paling tidak sepekan setelah wawancara dilakukan. Jangan sampai melakukan follow up terlalu cepat juga, kamu nanti akan dinilai sebagai kandidat yang tidak sabar dalam hal proses rekrutmen.

Segera Mengirimkan Dokumen Yang Diperlukan

Setelah melakukan follow up atau bahkan setelah selesai proses interview berakhir, beberapa HR atau perekrut mengingkan kamu untuk mengirimkan beberapa dokumen dan refrensi. Maka, kamu perlu mengirimnya dengan secepatnya, hal ini dapat menjadi penilaian terhadap kamu dalam profesional bekerja.

Dengan melakukan checklist yang harus kamu lakukan setelah interview tersebut, kamu bukan hanya mengembangkan karier tetapi juga membangun personal branding. Ini tentu akan memberi banyak manfaat buatmu.

hosting terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!