General

Merancang Program PKBL BUMN Berkelanjutan

Merancang Program PKBL BUMN Berkelanjutan Tanggung jawab sosial perusahaan sebagai salah satu ukuran kinerja perusahaan tentu harus memiliki dampak yang nyata, sehingga meningkatkan nilai dari perusahaan secara jangka panjang. Penyelenggaraan corporate social responsibility (CSR) dimaksudkan untuk mendorong dunia usaha lebih etis dalam menjalankan aktivitasnya agar tidak berpengaruh atau berdampak buruk pada masyarakat dan lingkungan hidupnya, sehingga pada akhirnya dunia usaha akan dapat bertahan secara berkelanjutan untuk memperoleh manfaat ekonomi yang menjadi tujuan dibentuknya dunia usaha. lihat juga ke Pelatihan Akuntansi dan PKBL Jakarta untuk mendapatkan referensi lainnya.

Konsep tanggung jawab sosial perusahaan telah mulai dikenal sejak awal 1970an, yang secara umum diartikan sebagai kumpulan kebijakan dan praktik yang berhubungan dengan stakeholder, nilai-nilai, pemenuhan ketentuan hukum, penghargaan masyarakat dan lingkungan; serta komitmen dunia usaha untuk berkontribusi dalam pembangunan secara berkelanjutan.
Namun, kebanyakan perusahaan, termasuk di dalamnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kurang memperhatikan formulasi kebijakan pengembangan program tanggung-jawab sosial seperti Corporate Social Responsibility (CSR), Community Develompent (ComDev) juga Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Merancang Program PKBL BUMN Berkelanjutan

Seiring dengan semakin meningkatnya tuntutan akuntabilitas program seperti ini serta signifikannya dampak program tersebut bagi pembangunan masyarakat, maka format program tanggung jawab lingkungan perusahaan perlu dilakukan secara lebih sistematis dan rasional berdasarkan pemahaman teori dan konseptual yang mendalam dan aplikatif.

Jadi, tantangan perusahaan saat ini adalah bagaimana mendesain program ini sebagai bagian dari strategi perusahaan yang memiliki dampak ke arah internal dan eksternal. Hal yang sama juga, di BUMN (pelatihan akuntansi jakarta), proses pendesainan program seperti ini secara sporadis, asal jadi, tak melibatkan stakeholder dan berorientasi promosi sesaat sudah saatnya ditinggalkan.

Karenanya perlu disusun sebuah porgram CSR yang berkelanjutan. Sebuah program yang dirancang dengan komitmen bersama-sama segenap unsur yang ada di dalam perusahaan maupun mitra kerja di luar perusahaan, baik itu masyarakat sekitar atau
para penerima dana CSR tersebut. Tanpa adanya dukungan stakeholder ini hasil program-program tersebut akan memberikan arti tersendiri yang sangat besar bagi perusahaan.
Sebagai contoh nyata dari program CSR yang dapat dilakukan oleh perusahaan dengan semangat keberlanjutan antara lain, yaitu: pengembangan bio energi, melalui kegiatan penciptaan Desa Mandiri Energi yang merupakan cikal bakal dari pembentukan eco-village di masa mendatang bagi Indonesia.

Sebuah bank milik pemerintah, misalnya juga telah membuat program desa binaan dengan mendorong pengembangan kreativitas warga untuk menjadi pengusaha-pengusaha mandiri. Konsep utamanya adalah melalui penyaluran kredit lunak kemitraan, sekaligus pembinaan berkelanjutan melalui capacity building sehingga bisa berpengaruh kepada peningkatan taraf hidup masyarakat. baca mengenai konsultan pajak yang membantu perusahaan.

Bagaimana pun, program CSR yang berkelanjutan diharapkan akan dapat membentuk atau menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera dan mandiri. Setiap kegiatan tersebut akan melibatkan semangat sinergi dari semua pihak secara terus menerus membangun dan menciptakan kesejahteraan dan pada akhirnya akan tercipta kemandirian dari masyarakat yang terlibat dalam program tersebut.

Info : Pelatihan Akutansi dan PKBL Jakarta
Website : http://www.infinityindonesia.co/
contact : 021-87911412

 

Merancang Program PKBL BUMN Berkelanjutan
  • pelatihan PKBL dan Akutansi Jakarta
5
Sending
User Review
0 (0 votes)
hosting terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!