General, Kesehatan

Olahraga Apa Yang Tepat Untuk Anak Autis

Apabila diantara orang tua yang memiliki anak menyandang autisme, dan menginginkan mereka tetap dapat melaksanakan berolahraga, sebaiknya harus memilih olahraga individual yang dari pola gerakannya itu mudah untuk ditiru sebab penyandang autisme lebih mudah untuk menirukan gerakan-gerakan bila dibandingkan mengikuti ucapan instruksi atau verbal. Olahraga Apa Yang Tepat Untuk Anak Autis ? Beberapa contoh olahraga untuk anak autisme diantaranya :

  • Olahraga Renang

olahraga untuk anak autisme

Olahraga renang termasuk juga dalam olahraga individual yang pada gerakan-gerakannya sangat sederhana, mudah sekali untuk ditiru serta berulang-ulang, dapat sesuai juga dengan gaya belajar dari para penyandang autisme. Apabila mendapatkan latihan yang intensif serta diberikan contoh, merekapun dapat menguasai dari gerakan gaya dasar olahraga renang dengan baik dan bisa melakukan permainan didalam kolam.

  • Olahraga Berkuda

Dapat diyakini, bahwa anak autisme dapat dengan mudah berkomunikasi dengan hewan. Sebab itulah menjadi tidak heran juga apabila penyandang autis ini banyak yang mampu untuk menguasai olahraga berkuda ini.

  • Melakukan Hiking

Dapat dilakukan individual atau dalam grup. Hiking merupakan olahraga yang baik untuk melatih tubuh, sekaligus menikmati alam. Anak penyandang autisme juga bisa meraih manfaat itu tanpa adanya tekanan komunikasi sosial yang intensif.

Anak penyandang autisme ini juga dapat diajak untuk beryoga. Banyak dari gerakan-gerakan yoga yang mempergunakan teknik-teknik yang sifatnya introspektif, seperti melakukan konsentrasi dan juga relaksasi. Cara ini dapat melatih anak supaya bisa menenangkan diri serta belajarĀ  memusatkan perhatian.

Alasan Anak Autis Harus Berolahraga

Olahraga yang tentunya melibatkan dari aktivitas fisik memang banyak memiliki manfaat untuk perkembangan anak, seperti menambah kekuatan pada otot serta tulang, kesehatan jantung dan juga pada peredaran darah, membantu untuk mengontrol berat badan, sehingga bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri pada anak, mengasah kemampuan belajar dan juga melakukan latihan, meningkatkan dan menjaga kesehatan mental psikologis, membantu dalam mengurangi tingkat stres.

Guru Les Private Ke Rumah Terbaik

guru les privat mata pelajaran sekolah

Umumnya anak-anak autis ini mempunyai kesulitan dalam melakukan komunikasi serta bersosialisasi, serta terkadang terjadi gangguan pada koordinasi gerak motorik kasar bisa dilatih dari manfaat olahraga. Bahkan, dr. Ika Widyawati, Sp. KJ(K), dokter spesialis kesehatan jiwa dan konsultan psikiatri anak dan remaja di RS Pondok Indah, merekomendasikan anak dengan autisme untuk aktif berolahraga.

Olahraga Untuk Anak Autis
5
Sending
User Review
0 (0 votes)
hosting terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!